Pengertian Humas Internal dan Humas Eksternal
Humas Internal
Humas Internal adalah kegiatan Public Relations untuk membina hubungan dengan publik internal seperti karyawan, para manajer, top management dan para pemegang saham (syock holders) agar citra dan reputasi organisasi/perusahaan tetap posotif dimata publik internal1. Hubungan Karyawan
Sebuah organisasi, lembaga dan perusahaan jangan berharap memperoleh hubungan komunitas yang baik apabila para karyawan tidak diberikan informasi atau diberikan informasi yang salah
Cara dan media yang dapat digunakan perusahaan dalam melakukan hubungan karyawan :
1. Komunikasi Lisan antar personal
2. Sistem Pidato secara kelompok
3. Sistem Informasi telepon
4. Rapat sebagai media komunikasi
5. Siaran televisi terbatas
6. Gelanggang terbuka
7. Kunjungan pelaksan ke berbagai bagian
8. Surat Manajemen
9. Surat Kabar atau Majalah Karyawan
10. Papan Pengumuman
11. Pameran Keuangan
12. Laporan Keuangan
13. Buku Penuntun atau Pedoman Karyawan
14. Amplop Daftar Gaji
15. Kaset, film dan media komunikasi karyawan yang utama
2. Hubungan Pemegang Saham
Tujuan hubungan pemegang saham untuk membangkitkan perhatian pemilik pada perusahaan : Menciptakan suatu pengertian yang lebih antara perusahaan dan para pemilik saham dengan komunikasi pinensial
Humas Eksternal
Humas Eksternal adalah kegiatan PR yang melakukan hubungan dengan publik eksternal sebuah organisasi perusahaan seperti pers, pendidik dan cara pemuka pendapatHubunagan Eksternal
- Hubungan Pemasok
- Hubungan Komunitas
- Hubungan Pemerintah
- Hubungan Konsumen
- Hubungan dengan media massa dan pers